Jenis Aplikasi Komputer Yang Sering Digunakan Dan Fungsinya

Komputer kini menjadi salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari berbagai kegiatan manusia. bahkan untuk memenuhi kebutuhan, kini komputer didesain agar mudah dibawa kemanapun sebagai komputer jinjing atau yang dikenal dengan laptop. Dengan komputer, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari menulis, mengedit gambar, membuat audio, bermain game, browsing di internet dan masih banyak lainnya. Akan tetapi hal ini tak bisa dilakukan dengan begitu saja tanpa menggunakan aplikasi komputer.


Misalnya saja anda ingin menulis pekerjaan, maka yang anda butuhkan adalah program atau aplikasi yang seperti Microsoft word. Atau anda ingin bermain game, maka yang anda butuhkan adalah aplikasi game di komputer anda. Begitu pula saat akan mengedit video, yang anda butuhkan adalah aplikasi edit video yang dapat membantu pekerjaan anda seperti adobe premiere dan windows movie marker. Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal di komputer/PC. Anda pun bebas menginstalla aplikasi apa saja yang anda inginkan. Hanya saja akan lebih baik jika anda mengetahui fungsinya sehingga anda bisa menginstall aplikasi yang sesuai kebutuhan.

Aplikasi Komputer Microsoft Office

 

Siapa yang tidak mengenal Microsoft office? Aplikasi yang satu ini cukup banyak digunakan untuk pekerjaan sehari hari. Rasanya aplikasi komputer ini yang paling banyak diinstal karena kebutuhan. Dan berikut ini beberapa aplikasi yang termasuk dalam Microsoft Office.

 Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan software aplikasi yang digunakan mengolah data secara otomatis, mulai dari perhitungan dasar, pembuatan grafik, penggunaan fungsi-fungsi, serta manajemen data. Aplikasi ini cukup membantu untuk mengerjakan berbagai pekerjaan administrative mulai yang skala sederhana hingga yang lebih kompleks.

Microsoft Word

Software berikutnya yang termasuk dalam Microsoft Office adalah Microsoft Word, dimana program aplikasi ini paling sering digunakan terutama untuk menulis. Mulai dari membuat laporan, dokumen surat kabar, label surat, table pada dokumen, serta masih banyak lainnya.

Microsoft PowerPoint

Untuk software aplikasi yang satu ini lebih sering digunakan untuk membuat program presentasi.

Microsoft Outlook

Microsoft Office Outlook ini adalah program presinal information yang diluncurkan Microsoft dan merupakan bagian dalam suite Microsof Office. Meskipun biasanya hanya digunakan untuk tujuan mengirim atau membaca surat e-program. Aplikasi ini pun juga mempunyai fungsi kalander, catatan, jurnal, dan jawal kerja. Jika digunakan bersama Microsoft Exchange Server, Microsoft Outlok ini juga menawarkan akses kotak surat, jadwal bersama, dan kalender.

Microsoft Acces

Microsoft Acces merupakan program aplikasi berbasis data komputer relasional yang dipergunakan merancang, membuat serta mengolah beragam data yang berkapasitas besar.

Aplikasi Komputer Media Player

Jika anda sering memutar musik atau video di laptop atau komputer, maka yang anda butuhkan adalah aplikasi komputer terbaru yang dapat memutar multimedia seperti aplikasi di bawah ini.

Winamp

Aplikasi komputer yang satu ini banyak digunakan pengguna komputer karena mampu memutar audio dalam format MP3. Selain itu WInamp juga dapat digunakan untuk memutar video dalam berbagai format.

GOM Player


Sama seperti Winamp, software multimedia ini juga biasa digunakan untuk kebutuhan multimedia. Hanya saja GOM Player khusus digunakan untuk memutar video. Software ini banyak dipilih karena berbagai fiturnya yang menarik.

Window Media Player

Aplikasi komputer yang satu ini juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan multi media. Biasanya sudah langsung terinstall pada komputer atau laptop, sehingga anda tak perlu lagi mengunduh atau menginstall. Windows Media Player ini digunakan memutar berbagai file multimedia, mulai dari lagu, video, maupun foto.

Aplikasi Komputer Untuk Browsing

Mozilla FireFox

Aplikasi browser yang satu ini cukup banyak digunakan pengguna komputer berkat kecepatan beserta fitur-fitur di dalamnya. Sebagai aplikasi browser, Mozilla Firefox akan membantu untuk menjelajah berbagai situs-situs di internet.

Google Chrome

 

Bisa dikatakan ini menjadi aplikasi browsing yang banyak digunakan. Bahkan aplikasi komputer untuk android ini juga bisa digunakan untuk browsing di smartphone. Sama seperti Mozilla Firefox, aplikasi software ini juga digunakan untuk menjelajah internet. Akan tetapi banyak yang berpendapat jika Google Chrome memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan Mozilla Firefox. Tampilannya juga menarik yang membuat pengalaman browsing juga menyenangkan.

Windows Internet Explorer

Browser yang satu ini sudah langsung terinstall dalam komputer anda. sama seperti aplikasi browser pada umumnya, anda bisa menggunakan untuk mengeksplor internet. Meskipun jarang orang yang menggunakannya, namun hingga saat ini Internet Explorer juga masih sering digunakan. Fiturnya lengkap serta kecepatannya juga cukup baik.
Aplikasi Komputer Graphics
Beberapa pengguna terkadang membutuhkan aplikasi yang dapat membantu untuk membuat gambar. Karena itulah dibutuhkan program khusus yang digunakan untuk membuat gambar (graphics) seperti aplikasi di bawah ini.

Adobe Photoshop

Untuk software pengolah foto yang satu ini sering digunakan mengedit maupun mengolah gambar. Saat ini banyak yang mengatakan jika photoshop menjadi aplikasi pengolah gambar tercanggih berkat fitur-fitur yang dimilikinya. Tak heran jika banyak desainer-desainer terkenal yang memilih menggunakan Photoshop untuk mendesain foto yang mereka miliki

Corel Draw


Selain Photoshop, aplikasi Corel Draw juga sering digunakan mengedit gambar. Seperti aplikasi pengolah gambar pada umumnya, Corel Draw bisa digunakan untuk mendesain, mengolah serta mengedit foto.


PhotoScape

Perangkat lunak yang dikembangkan MOOI Tech, Korea ini memiliki konsep dasar “Mudah dan Menyenangkan”. Karena itulah diharapkan bagi pengguna yang menjalankannya bisa mudah dalam mengedit foto yang diambil baik menggunakan kamera digital maupun kamera ponsel. Photscape sangat cocok digunakan bagi pemula, hal ini karena antar muka yang digunakan cukup sederhana. Pengguna bisa menambahkan foto yang akan diedit kemudian melakukan penyesuaian. Termasuk warna, mmengubah ukuran, memotong gambar, mencetak maupun membuat animasi GIF.  Hanya saja sayangnya Photoscape tidak  terdapat di Mac atau Linux, hanya pada Microsft Windows saja. Meskipun begitu, Photoscape bisa digunakan gratis ke berbagai pengguna termasuk jika digunakan untuk tujuan komersial

Paint

Untuk software pengedit foto yang satu ini bisa dikatakan paling dasar, dan sudah langsung terinstall pada komputer. Sama seperti aplikasi komputer sejenisnya, paint digunakan mengedit foto. Akan tetapi untuk masalah kualitas masih lebih kalah jauh dibandingkan aplikasi pengedit foto sebelumnya. Akan tetapi bagi yang masih pemula dalam mengedit foto, Paint menjadi aplikasi yang sangat direkomendasikan.

Aplikasi Anti Virus

 

Untuk aplikasi anti virus juga sangat dibutuhkan dalam komputer atau laptop karena digunakan mendeteksi serta membantu menghilangkan virus yang menyerang komputer yang digunakan.

Avast

Untuk mencegah agar tidak ada virus yang menyerang komputer,. Kebanyakan para pengguna akan menginstall aplikasi anti virus untuk membentenginya. Dan avast menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan menangkal virus-virus tersebut. Software ini membantu menghapus virus, scan kondisi komputer, hingga mengecek bagaimana kesehatan komputer tersebut.

Smadav

Selain Avast, Smadav juga sering digunakan menangkal virus-virus yang masuk menyerang perangkat dari berbagai sumber. Anti virus buatan Indonesia ini menjadi yang paling banyak digunakan pengguna Indonesia. 

Beberapa aplikasi komputer dan fungsinya diatas mungkin yang rasnaya paling wajib diinstal pada komputer. Namun sesuaikan juga dengan kebutuhan sehingga anda tidak menginstall aplikasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Post a Comment

0 Comments