Macam-Macam Aplikasi Microsoft Office Dan Fungsinya





Bagi anda yang sering menggunakan komputer atau laptop untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi Microsoft Office. Mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga pebisnis sekalipun rasanya sudah memahami pengertian Microsoft Office. Software yang satu ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Ada beberapa aplikasi yang termasuk dalam Ms. Office, seperti Ms Word, Excel, Power Point, Frontpage dan masih banyak lainnya. pada artikel di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai macam-macam aplikasi MS. Office beserta fungsinya. 

Microsoft Word


Salah satu Software Ms. Office ini rasanya yang paling sering digunakan sebagai pengolah dokumen, seperti surat, proposal, serta dokumen lainnya. aplikasi pengolah data ini memiliki Logo W berwarna biru yang menjadi ciri khasnya. Untuk format yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah.docx.  Hingga pada tahun 2013, Ms. Word terus mengalami pembaharuan dengan menambahkan berbagai tools yang dapat membantu mengerjakan pekerjaan jadi lebih mudah.
Lalu apa fungsi utama dari aplikasi pengolah kata ini? cukup banyak. namun semua pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan kata bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi ini seperti membuat tulisan berbgaia variasi menggunakan Word Art, membuat surat, tabel, memasukkan gambar, serta membuat dokumen lainnya.

Microsoft Excel


Jika sebelumnya merupakan aplikasi pengolah kata, maka untuk software Ms. Office ini lebih berkaitan dengan data seperti angka. Aplikasi Microsoft Office ini merupakan aplikasi pengolah angka atau Aritmatika yang digunakan untuk membuat jurnal keuangan, membuat tabel, dan masih banyak lainnya. aplikasi ini seringkali digunakan para akuntan untuk mencatat atau menulis pengeluaran serta pemasukan keuangan di sebuah perusahaan. Dan untuk melakukan perhitungan dilakukan otomatis berypa perhitungan dasar, rumus, pengolahan data dan tabel, penggunaan fungsi-fungsi. Pembuatan grafik, manajemen data, dan masih banyak lainnya

Pemakaian rumus sendiri bisa berbentuk tambah, kurang, kali, bagi serta hal lainnya. Sedangkan untuk pemakaian fungsi bisa berbentuk penggunaan rumus yang bertujuan menghitung baik berbentuk rumus matematika ataupun non matematika. Jadi jika disimpulkan, ada banyak fungsi dari Microsoft Excel untuk membantu pekerjaan mulai dari membuat daftar nilai, laporan keuangan, melakukan operasi kali dan bagi serta rata-rata dengan cepat, membuat grafik dan tabel, menyajikan data dengan cepat, membuat diagram lingkaran, garis, dan batang, menghitung kurs mata uang, hingga membantu menyelesaikan berbagai soal matematika dan logika. 

Microsoft Power Point




Jika sebelumnya merupakan aplikasi Microsoft office yang digunakan untuk mengolah data dan kata, maka untuk aplikasi yang satu ini digunakan membuat bahan presentasi berbentuk slide. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk  kegiatan mengajar, presentasi hingga membuat animasi sederhana. Powerpoint dapat digunakan pada komputer berbasis Microsoft Windows dan Apple Macintosh dengan OS Apple Mac. Tentunya dengan kehadiran Power Point akan sangat memudahkan untuk membuat presentasi berjalan yang lebih modern. Apalagi didukung dengan berbagai fitur canggih dan menarik di dalamnya yang bisa memberikan efek tertentu pada sebuah presentasi. Sehingga diharapkan dengan menggunakan Power Point dapat membuat presentasi jadi jauh lebih menarik.

Microsoft Office Outlook


Microsoft Outlook ini adalah program personal information manager yang dikeluarkan oleh Microsoft yang mana menjadi bagian dari suite Microsoft Office. Meskipun biasanya hanya dipergunakan mengirim ataupun membaca surat elektronik, namun aplikasi ini juga memiliki fungsi lainnya seperti membuat jadwal kerja, jurnal, dan catatan serta fungsi kalander.  Pengguna pun juga dapat menggunakan aplikasi Microsoft Outlook di segala perangkat Windows, tidak hanya di komputer saja. Apa saja fungsi dari Ms. Outlook ini? mulai dari membaca email offline, mengirimkan email dengan efisien dan cepat, mencadangkan email di komputer, membuat penjadwalan, dan mengatur address book. 

Microsoft Visio

Ms. Visio memudahkan penggunanya untuk membuat flowchart, selain itu aplikasi ini pun juga nyaman digunakan dalam pembuatan diagram, brainstorm, serta skema-skema jaringan. Microsoft pertama kali memperkenalkan aplikasi ini di tahun 1989 dimana tujuan dikembangkannya adalah untuk membantu pekerjaan kantor seperti halnya Ms. Word yang digunakan membantu pekerjaan yang berkaitan dengan kata, Ms Excel yang digunakan sebagai pengolah angka, serta masih banyak lainnya. Awalnya Visio bukanlah produk buatan Microsoft Corporation, namun Visio Corporation yang kemudian diakuisisi Microsoft di tahun 2000. Untuk versi terbarunya yaitu Visio 2007 mengeluarkan Visio2007 Standar dan Profesional yang memiliki antar muka pengguna sama. Namun untuk seri Profesional lebih banyak memiliki pilihan template yang bisa digunakan membuat diagram lebih alnjut serta penataan letak(layout). Bukan hanya itu, untuk versi Profesional nya juga memudahkan mengkoneksikan diagram-diagram yang dibuat dengan beberapa sumber data dan menampilkan informasi secara visual menggunakan grafik. 

Microsoft Office InfoPath

Program aplikasi ini digunakan mengembangkan formulir entri data yang berbasis XML. Awal mula dirilis sebagai Ms. Office System 2003 dan kini menjadi bagian dalam Ms. Office System 2007. Saat dikembangkan, Infopath mempunyai kode XDocs yang memiliki banyak fitur seperti kemampuannya dalam membuat serta menampilkan dokumen berbentuk XML yang mendukung skema XML yang didefinisikan sendiri. Aplikasi ini juga bisa dikonfigurasikan sehingga terhubung dengan sistem eksternal menggunakan XML Web Services melalui MSXML dan SOAP Toolkit. Selain itu ada pula sistem back-end serta middle tier yang bisa dikonfigurasikan sehingga bisa berkomunikasi menggunakan standar-standar layanan web semisal UDDI, SOAP, dan WSD.

Microsoft Office Access


Program aplikasi komputer ini sering digunakan perusahaan kecil maupun rumahan, melalui aplikasi ini pengguna dapat emngolah data menggunakan Microsoft Jet Database Engine. Program ini pun juga dapat emnampilkan grafis sempurna yang dapat mudah dipahami oleh pengguna serta mengolah basis data (database). Bagi anda yang belum paham, database merupakan kumpulan arsip data yang berbentuk tabel dan saling berkaitan yang dapat menghasilkan informasi. Data ini nantinya dijadikan masukan yang dapat diolah menjadi informasi. Ada banyak fungsi dari Microsoft Acces ini mulai dari membuat program aplikasi kehadiran, gaji karyawan, ataupun persediaan barang., sehingga program ini memiliki banyak fungsi yang dapat membantu kinerja seseorang saat mengolah data

Microsoft Office One Note

MS. Office One Note ini merupakan aplikasi yang bekerja sebagai kertas catatan, dimana anda bisa menulis, mengambar, mencorat-coret, memasukkan objek, menampilkan screenshoot, membagikan ke rekan kerja, hingga memberikan komentar. Berbeda dengan Ms. Word, anda bisa menulis dan menempatkan apapun di manapun yang anda suka. Hampri sama seperti anda menggunakan kertas untuk mencoret-coret. OnetNOte membebaskan anda untuk meletakkan berbagai elemen catatan. 

Microsoft Office Front Page

Aplikasi ini merupakan editor html serta sebagai alat bantu dalam bidang administrasi web. Frontpage ini didesain menyembunyikan kode html yang berasal dari halaman web yang sudah diedit pengguna dengan FrontPage. Pengguna bisa melihat langsung apa yang ditampilkan di web browser saat mengedit halaman web di aplikasi ini. hal ini dikarenakan FrontPage merupakan aplikasi yang menerapkan prinsip WYSIWYG atau What You See Is What You Get. Dalam Frontpage terdapat fitur yang cukup populer yaitu Template Web Otomatis. Dimana Template ini dibuat Forntpage yang mencakup sistem navigasi otomatis serta dapat menciptakan tombol-tombol yang bisa dianimasikan ke beberapa halaman yang telah ditambahkan pengguna FrontPage. Pengguna juga bisa merancang sebuah halaman yang akan ditampilkan di web. 

Nah itu tadi beberapa macam macam Microsoft Office beserta kegunaannya. Terutama bagi anda yang sering menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja, rasanya funsgi-fungsi aplikasi diatas wajib dipahami untuk memudahkan pekerjaan.

Post a Comment

0 Comments