Apakah Penting Memiliki Hardisk Eksternal?


Bagi anda yang sering menyimpan file-file dalam ukuran besar, seperti foto, mp3, hingga video tentunya menyimpan dalam hardisk internal komputer atau laptop tidaklah cukup memenuhi kebutuhan. Apalagi jika sampai ruang kapasitas harddisk terlalu penuh, ini akan malah membuat kinerja komputer anda menjadi menurun. Maka solusi yang terbaik adalah memiliki kapasitas penyimpanan tambahan, seperti hardisk ekternal yang dapat membantu menyimpan file-file berkapasitas besar yang anda miliki.

Pengertian Hardisk Eksternal

Hardisk menjadi salah satu komponen dalam komputer atau laptop yang cukup penting, mengingat komponen ini merupakan media penyimpanan untuk menyimpan data-data yang tersimpan dalam perangkat anda. namun selain hardisk yang ditanamkan pada sebuah perangkat, ad apula jenis hardisk yang berada di luar perangkat atau yang dinamakan sebagai hardisk ekternal. Komponen ini merupakan alat penyimpanan portable yang memiliki kapasitas besar dan bisa digunakan kapanpun dengan mudah hanya dengan mencolokkan pada port USB laptop maupun PC. Jadi bisa disimpulkan jika perangkat penyimpanan ini adalah perangkat tambahan bukan perangkat utama. Sehingga tanpa menggunakan perangkat ini sekalipun maka komputer atau laptop masih bisa berjalan normal. Hal ini karena perangkat ini memiliki fungsi sebagai media tambahan dimana fungsinya hampir sama namun lebih fleksibel karena dapat dipasang dan dilepas tanpa membongkar casing komputer/laptop. Saat ini ada banyak hardisk ekternal murah dan terbaik yang dijual di pasaran yang bisa anda jadikan pilihan.

Mengapa Penting Memiliki Hard Drive Eksternal?

Memberikan Ruang Penyimpanan Ekstra


Ini rasanya menjadi keuntungan utama dari memiliki hardisk ekternal terbaik yaitu menyediakan kapasitas penyimpanan ekstra yang dibutuhkan pengguna. Saat ruang harddisk dalam komputer atau PC yang anda gunakan terlalu penuh untuk menyimpan file, maka dengan menggunakan hardisk  tambahan seperti ini mampu menutupi kekurangan yang ada. Sehingga anda memiliki lebih banyak lagi ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai file tambahan, baik itu foto, video, dan dokumen penting lainnya.

Membackup Data-Data Penting

Dengan memiliki hardisk ekternal, maka perangkat ini bisa dijadikan sebagai media untuk memback data-data penting. Banyak penguna komputer yang terkadang lalai saat membuat cadangan atau membackup data-data yang tersimpan. Tentunya ini akan menjadi masalah tersendiri, apalagi jika file yang tersimpan cukup penting. Sehingga saat salah satu file terhapus dan tak ada cadangan, tentunya ini akan sangat merepotkan. Apabila ruang penyimpanan dalam komputer sudah terpenuhi atau anda ingin menyimpan file di tempat lainnya, maka memiliki perangkat hardisk seperti ini sangat direkomendasikan.

Bisa digunakan Untuk Menyalin Dan Mentransfer File

Hardisk eksternal juga sangat bermanfaat jika anda memiliki banyak file yang ingin di salin dari satu ke komputer ke komputer lainnya. Jika menggunakan flashdisk tidak memungkinkan, maka hardisk berkapasitas besar tentunya akan sangat bermanfaat.

Keamanan Penyimpanan File

Beberapa hardisk eksternal terkadang menggunakan sistem enskrispi, sehingga tidak bisa sembarangan orang dapat membuka dan memindah isi file yang tersimpan dana hardisk ekternal yang dimiliki.

Tips Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus Dan Sesuai Kebutuhan

Pilih Kapasitas Penyimpanan Hardisk Eksternal Yang Sesuai kebutuhan

 

Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan hardisk menjadi hal utama yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum membeli. Saat ini ada banyak pilihan produk hardisk eksternal dengan berbagai pilihan kapasitas mulai dari 500Gb, 1TB, hingga kapasitas 2GB. harganya pun juga menyesuaikan seusia kapasitas yang ditawarkan. Bahkan harga harga hardisk saat ini bisa mencapai 2 juta rupiah untuk kapasitas 4GB. Meskipun semua orang pasti memilih hardisk yang berkapasitas besar, namun akan lebih baik untuk memilih sesuai kebutuhan dan budget. Jika anda masih pelajar atau mahasiswa yang menyimpan file tugas maupun membackup file-file, mungkin kapasitas 1TB sudah cukup untuk kebutuhan anda. Namun beda lagi jika anda merupakan kolektor film atau hobi fotografi, mungkin akan membutuhkan kapasitas hardisk yang jauh lebih besar.

Pilih Yang Kompatibel dengan Sistem Operasi Yang Digunakan

 

Sistem operasi juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam memilih hardisk. Hal ini karena OS Windows dan Apple memiliki perbedaan pada file sistem yang digunakan. Untuk Apple menggunakan HFS+ dan untuk Windows menggunakan NTFS. Sehingga kebanyakan hardisk eksternal pasti digunakan khusus untuk kedua platform tersebut. akan tetapi sayangnya untuk file system NTFS ini banyak tersedia di pasaran, berbeda dengan HFS+ yang agak sulit ditemukan. Karena itulah anda juga harus menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.

Perhatikan Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data juga cukup penting untuk diperhatikan ketika membeli sebuah hardisk. Rata-rata untuk produk hardisk external mempunyai kecepatan transfger data berkisar 100-200MB/s. Jika kecepatan transfer data memiliki nilai lebih rendah dari angka tersebut, maka akan semakin lambat pula hardisk tersebut dapat berjalan. Kecepatan ini dapat terdeteksi saat mentransfer file  kea tau dari hardisk menggunakan cara copy paste. Kecepatan transfer data ini pun juga tergantung dari tipe USB yang digunakan. Biasanya untuk tipe USB 3.0 atau USB 3.1 ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan tipe USB 2.0

Perhatikan Kecepatan Rotasi Hardisk

 

Mungkin untuk hal yang satu ini tak banyak dimengerti semua orang, meskipun cukup penting ketika membeli media penyimpanan tambahan. Hardisk eksternal memiliki RPM atau Revoluis per menit yang berkisar antara 4200, 5400, 7200 sampai 10.000 RPM. Semakin besar nilai RPM maka akan semakin besar juga kecepatan hardisk saat memproses data yang tersimpan di dalamnya. Rata-rata untuk kecepatan hardisk yang dijual di pasaran berkisar 5400 RPM. Namun jika anda bekerja sebagai desainer grafis, editor video dan foto, atau gamer maka ada baiknya jika memiliki hardisk yang memiliki kecepatan 7200 – 10.000 RPM. Mengapa? Ini karena aktivitas-aktivitas tersebut akan membuat kinerja lebih berat dibandingkan hanya mengetik ataupun menonton film.

Jangan Lupa Cek Shock Resistance Di Hardisk Eksternal Tersebut

 

Penting untuk anda ketahui jika saat hardisk eksternal terjatuh maka ini akan merusak data-data penting di dalamnya. Namun jangan khawatir, kini ada banyak produk hardisk di pasaran yang sudah dilengkapi fitur waterproof dan shockproof. Meskipun begitu, biasanya produk ini dijual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan produk hardisk lainnya. namun ini sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan.


Meskipun memiliki hardisk eksternal cukup penting apalagi jika anda sering menyimpan file-file yang berukuran besar, tetap saja perangkat ini bisa mengalami masalah seperti kebanyakan komponen lainnya dalam komputer. Semisalnya saja saat hardisk eksternal tidak terbaca, tentunya ini akan menyulitkan saat anda membutuhkan data-data yang tersimpan di dalamnya. Karena itulah sangat penting untuk memilih produk hardisk yang memang berkualitas. Jangan tergoda membeli yang murah dan abal-abal apalagi jika anda bertujuan ingin menyimpan file-file penting di dalamnya. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Post a Comment

0 Comments